Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Model Peci Hat dari Berbagai Negara

Peci hat atau songkok merupakan salah satu perlengkapan yang sudah tak asing lagi. Bagi masyarakat Indonesia dimana mayoritas beragama islam pasti kerap menggunakannya. Ada beberapa model peci yang biasa dipakai oleh masyarakat, fungsinya juga beragam tidak sama satu dengan yang lainnya.

Peci Hat

Berbagai Macam Peci  Biasa Digunakan Oleh Masyarakat

Peci hat merupakan barang yang selalu digunakan para pria ketika hendak sholat atau menunaikan ibadah lain seperti mengaji. Seiring berjalannya waktu ternyata ada banyak model peci atau songkok yang disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pasar. Walaupun sebenarnya fungsinya sama.

1.    Songkok atau Kopiah

Pertama adalah peci yang sering dipakai masyarakat Indonesia. Kerap disebut sebagai songkok atau kopiah. Dulunya pakaian ini juga kerap digunakan saat melawan para penjajah. Banyak teori yang beredar tentang siapa sebenarnya yang membawa songkok sampai ke nusantara.

Namun kebanyakan orang percaya jika Ir. Soekarno merupakan tokoh nasionalis yang mempopulerkannya. Di masa penjajahan dulunya kopiah digunakan sebagai simbol perlawanan terhadap penjajahan. Sampai saat ini songkok sering digunakan untuk ibadah.

2.    Fez atau Tarbus

Selanjutnya ada model peci dari Turki, namun di daerah tersebut lebih dikenal dengan nama fezzi atau phecy. Di sana peci dililit lagi dengan serban yang disebut dengan Tarbush. Sedangkan di Asia lebih dikenal dengan Romap Cap. Namun untuk bentuknya sendiri masih sama saja.

Hal yang membedakan Fez dengan songkok adalah nilai fungsinya. Tidak hanya digunakan untuk ibadah saja, Fez juga bisa dipakai oleh umat agama selain Islam. Karena modelnya yang stylish dan modis biasanya dapat dipadukan dengan setelah lainnya. Intinya adalah untuk bergaya.

3.    Karakul

Selain itu ada juga karakul, bentuk peci satu ini sangat unik. Sebab material pembuatannya saja dari rambut domba atau di negaranya disebut dengan rambut lembu foetus. Bentuknya tidak sesederhana kopiah yang ada di Indonesia.

Karakul lebih berbentuk triangular, cocok sebagai kombinasi dari setelan pakaian adat orang Kabul. Sampai saat ini saja karakul masih banyak digunakan oleh beberapa generasi pria di Afghanistan. Jika kesana jangan lupa beli sebagai oleh-oleh.

4.    Model Kofia

kedengarannya nama satu ini tidak begitu asing di telinga bukan ? Namun bentuknya bukanlah seperti kopiah di Indonesia. Topi  silindris yang digunakan oleh para pria di Afrika Timur.  Anda bisa dengan mudah menemukannya di Swahili. Biasanya digunakan bersama setelan kemeja warna-warni.

Namun untuk fungsinya sendiri sebenarnya sama saja dengan di Indonesia. Sering digunakan untuk melengkapi penampilan khususnya saat sedang hendak pergi beribadah ke mushola atau masjid. Bahan pembuatan kofia sebenarnya sama saja dengan kopiah di Indonesia.

5.    Peci Hitam Polos

Terakhir adalah jenis peci hitam polos yang bisa digunakan untuk ibadah sholat. Model satu ini memang paling umum dipakai masyarakat Indonesia. Karena desainnya polos cocok dipadukan dengan berbagai macam setelan baju lainnya, baik kemeja atau pakaian muslim.

Selain itu masih ada satu jenis lagi peci yang biasanya digunakan masyarakat Indonesia, yakni peci motif border. Dengan ditambahkan beberapa benang border pada peci terlihat menarik untuk dikenakan, penampilan terlihat tetap stylish walaupun desainnya simple.

Itulah beberapa informasi terkait dengan model-model dari peci hat. Masih banyak tipe lain dari beberapa negara dengan desain berbeda-beda. Jika berkesempatan datang ke tempat tersebut sebaiknya langsung bawa salah satu atau borong beberapa untuk jadi cindra mata pulang ke Indonesia.

Posting Komentar untuk "Berbagai Model Peci Hat dari Berbagai Negara"